Resmi di lantik Presiden dan wakil Presiden, Prabowo dan Gibran siap mengemban tugas untuk Rakyat Indonesia

 Jakarta - Merakcyber.com- Presiden dan wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi di lantik dan siap mengemban tugas sebagai Presiden RI periode 2024-2029. Keduanya dilantik dalam Sidang Paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI yang digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, (20/10/2024)

Tepat 10.08 WIB, prosesi pelantikan presiden dan wakil presiden dimulai dengan pengumandangan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sidang paripurna kemudian dibuka oleh Ketua MPR H Ahmad Muzani.

Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabumi Raka  kemudian mengucap sumpah jabatan.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Presiden Prabowo mengucapkan sumpahnya.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucap Wakil Presiden Gibran

Usai pengucapan sumpah, Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabumi Raka kemudian menandatangani berita acara. Setelah seluruh pimpinan MPR Ahmad Muzani menandatangani, Ketua MPR menyerahkan berita acara tersebut masing-masing kepada Presiden Prabowo dan Wakil Presiden Gibran.

Pasangan  Prabowo-Gibran dilantik sesuai dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Nomor 504 tahun 2024. Keduanya berhasil memenangi pemilihan umum presiden dan wakil presiden 2024 setelah meraih 96.214.691 suara atau 58,59 persen suara sah.

Dalam pidatonya, Presiden Prabowo mengajak masyarakat untuk menjadi bangsa yang berani dan tidak takut menghadapi tantangan, rintangan, maupun ancaman.

"Sejarah kita adalah sejarah yang penuh dengan kepahlawanan dan pengorbanan. Keberanian tidak hanya ada pada para pemimpin, tetapi juga pada rakyat yang menghadapi segala tantangan," ujar Presiden Prabowo.

Ia juga menegaskan bahwa sumpah yang diucapkannya akan dijalankan dengan sebaik-baiknya, penuh tanggung jawab dan kekuatan. "Kami akan memimpin Republik Indonesia dengan tulus, mengutamakan kepentingan seluruh bangsa Indonesia," tambahnya.

Presiden Prabowo menyatakan bahwa dirinya, bersama Wakil Presiden, akan menjalankan kepemimpinan negara dengan sebaik-baiknya.

Turut hadir dalam acara pelantikan presiden dan wakil presiden tersebut antara lain Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden ke-6 Tri Sutrisno, Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla, Wakil Preseiden RI ke 11 Budion. Selain itu tampak Kepala Negara, Kepala Pemerintahan, atau utusan khusus negara-negara sahabat

(Red/Ab)



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama